HIMALAYA ANNAPURNA INTO THIN AIR

image_pdfimage_print

Tahun lalu kami sangat senang bisa sampai pada ketiggian 4200 M DPL dengan melalui sisi Nepal yang jalannya sangat sulit. Adalah impian saya dan teman teman bisa menjajaki pegunungan Everest yang menjadi impian traveler. Menjajaki Khardung La di Ladakh, India tentunya menjadi harapan bagi para bikers. Istilahnya ini adalah Kiblatnya pengendara motor. Ya ini adalah jalan jalan raya tertinggi di dunia  yang tercatat dalam Guiness Book of Record ! Ketinggiannya 5.369 M dari permukaan laut. Namun orang India mempecayainya dengan ketinggaan 5.600vM. Ah saya tidak mau ambil pusing mana yang lebih tinggi. Ayo kita kesana bersama saya .

Selayaknya perjalanan kami terdahulu, persiapan demi persiapan tentu harus anda siapkan. Suhu dibawah 0  derajat bahkan pernah pada cuaca extreme tercatat record hingga mencapai  – 60 derajat C. Ini tentu bukan perjalanan bersenang senang, tetapi petualangan dan tantangan. Pastikan bahwa anda tidak menderita Asma dan tekanan darah tinggi, kalau anda menderita saya pastikan anda tidak boleh ikut dalam perjalanan ini.

Persiapan fisik tentu diperlukan, apalagi penyakit Altitude Mountain Sickness menghantui siapa saja yang mempunyai fisik kurang prima dan darah tinggi.

Lokasi dan Letaknya

Khardung La berjarak hanya  39 km dengan kendaraan dari Leh. Pertama kita mengendara sejauh 24 km, kearah Selatan Pullu check point, yang diaspal. Dari sana kami ke pos pemeriksaan Utara Pullu sekitar 15 km jalan raya tersebut berupa batuan lepas, dan kami akan melalui anak sungai dengan melintasi salju mencair.  Perlu ijin izin khusus bagi kami untuk mendakinya.

Elevasi

mengklaim 18.380 kaki papan di atas. Elevasi sebenarnya adalah sekitar 800 kaki yang lebih rendah.  Ketinggian 5359 m (17.582 ft) yang telah di klaim berdasarkan ratusan GPS  juga cocok datanya dengan SRTM data, ASTER GDEM data, dan topografi Rusia pemetaan.  Oleh karena itu Khardung La di Klaim sebagai jalan tertinggi didunia.

Kota yang cukup besar terdekat adalah Leh , ibu kota Ladakh . Leh dihubungkan oleh jalan dari Manali dan Srinagar, dan penerbangan setiap hari dioperasikan dari Delhi. Dari Leh, layanan bus setiap hari kearah Nubra melewati Khardungla yang juga dapat dicapai dengan menyewa mobil dengan sopir yang berpengalaman . Dua basis di kedua sisi Khardong La adalah Utara Pullu dan Selatan Pullu.

Izin Melintas (ILP) dapat diperoleh di kantor DC di Leh .   Penyakit ketinggian merupakan masalah kesehatan yang serius bagi wisatawan yang sebelumnya tidak ke tempat yang tinggi. Obat ketinggian-penyakit profilaksis seperti acetazolamide mungkin diperlukan untuk beberapa wisatawan karena tidak ada fasilitas medis darurat untuk mengobati penyakit ketinggian sepanjang rute.

Jalan ini ditutup dari sekitar Oktober-Mei karena salju dan sering tunduk pada penundaan yang lama karena kemacetan lalu lintas di sempit bagian satu jalur, washouts, tanah longsor, dan kecelakaan di jalan.

Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan mental dan kondisi kendaraan yang sehat, naik motor atau mobil tidak masalah. Namun satu yang perlu diingat, tidak ada pom bensin di sepanjang jalan menuju Khardung La. Cadangan bensin pun perlu dibawa untuk jaga-jaga.

Untuk mencapai Khardung La, Leh di Ladakh menjadi starting point. Khardung La sendiri terletak sekitar 39 Km dari Leh. Dibutuhkan setidaknya lima jam perjalanan darat dari untuk menuju Khardung La dengan kendaraan.

Tapi perlu diingat, Anda perlu untuk melakukan aklimatisasi dahulu selama dua hari di Leh. Alasannya, tubuh perlu untuk menyesuaikan suhu terlebih dulu agar tidak kaget. Apabila tanpa aklimatisasi, ada kemungkinan badan tidak siap, bahkan berakibat hingga kematian!

Selain menantang, berkendara menuju Khardung La akan memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri. Selain bukti karena telah mencapai jalan tertinggi yang dapat dilalui kendaraan di Dunia, juga menjadi kepuasan batin yang tidak terhingga.

Rasa puas pun makin menjadi-jadi, khususnya saat berjalan dan memegang salju secara langsung di Khardung La. Tangan memang menggigil dan mati rasa, tapi sepadan.

Apabila Anda melanjutkan perjalanan, Anda dapat menuju ke Nubra Valley dan Shyok. Adakah dari Anda yang ingin touring ke Khardung La hingga Nubra Valley?.

Traveling ke negeri kari India, tidak melulu soal Sungai Gangga dan Taj Mahal. Selain dua tempat tersebut, bagian India di Jammu dan Kashmir pun menarik.   Jalanan berbatu dan berkelok, serta jurang di sisi kiri dan kanan, menghiasi perjalanan menuju Khardung La. Udara pun sangat dingin, mengingat salju yang ada ketika mencapai ketinggian tertentu.

Well tentunya anda harus siapkan Visa apabila anda ingin kesini, kemudian pastikan bahwa anda dalam kondisi sehat (Ini adalah wajib dan kami tidak bertanggung jawab apabila anda tidak mengasuransikan diri anda selama anda disana.

Indonesia Rider Expedition melakukan perjalalan menjelajah pegunungan Himalaya dari sisi yang lain yakni dari New Delhi ke Leh  yang terletak di propinsi Ladakh. Jammu Kashmir,  Jarak tempuh kami kali ini 1026 km melewati pegunungan di Himacal Pradesh. walau perjalanan ini hanya 9 hari ,

Hari Pertama Jakarta -  New Delhi

Perjalanan panjang dengan menggunakan pesawat Garuda dimulai dari pukul 14. 00 siang dan tiba di New Dehi pada pukul 23.00 malam, sesampainya nya di Dehli kita akan pindah menggunakan bis yang akan menjemput dan mengantarkan ke Manali. Perjalanan yang cukup panjang dan berliku dimana kami harus menempuhnya selama 18 jam lebih dengan jarak tempuh 562 km ,

Hari Kedua - New Delhi Manali

Waktu tempuh sekitar 16 jam lebih dan tiba di Manali pada pukul 20.00. Sesampainya disana langsung pembagian kamar di oyo hotel dan istirahat. Setibanya disana maka jajaran motor yang akan dipergunakan sudah disiapkan.  Manali adalah kota yang terletak di ketinggian 2050 M dan terletak di propinsi Himachal Pradesh.

Hari Ketiga   Manali - Rohtang Pass - Jispa

Kita akan mengunjungi Hadimba Temple yang terletak dekat hotel. Setelah berdoa, perjalananpun di mulai.  Tujuan kami adalah Jispa. Awalnya jalanan aspal tetapi baru 15 km kami disuguhi oleh jalanan gravel, kami dari ketinggian 2000 M mulai mendaki keketinggian 3. 978 M dan melalui Rohtang pass. Rohtang Pass adalah dataran tinggi yang melewati pegunung sebelah timur Rentang Himalaya sekitar 51 km (32 mil) dari Manali. Rohtang Pass menghubungkan Lembah Kullu dengan Lahaul dan Spiti,  Lembah dari Himachal Pradesh , India .

Jarak yang sebenarnya tidak terlalu jauh harus kami tempuh lebih dari 12  jam dan kita akan menginap di di Jispa.  Disini kita akan merasakan ketinggian dan pastikan anda tidak terkena penyakit AMS (Altitude Mountain Sickness).

Hari Keempat Jispa - Tsokar

Perjalanan hari ini akan cukup sulit dan hampir sebagian besar jalanan adalah jalan berpasir ,  kalau hari ketiga hanya pada ketinggian 4 ribu meter maka kali ini kami akan mencapai ketinggian mencapai 5300 M atau ketinggian kedua setelah Khardung La. Jalan curam dengan jurang yang dalam. Kita akan melewati base camp Militer Pang  Kita akan melalui puncak gunung tertinggi ke 3 di Dunia yakn Bara-lacha Pass 5000 M MDPL . Kita akan menginap di Tsokar. Lotus Camp tempat kami menginap ini terletak 17 KM di gurun pasir Tsokar dan dikelilingi oleh pegunungan bersalju dan merupakan base camp tentara militer. Tidak ada kehidupan disitu, tidak ada air, tidak ada  listrik. Air membeku, bener bener akan menjadi tantangan yang sangat luar biasa bagi anda. Nafas tersengal sengal dan setiap 1 jam kami terbangun karena kesulitan pernapasan. Tsokar berada diketinggian 4500 dan berada di lembah ketinggian kedua tertinggi di dunia.

Hari Kelima   Tsokar - Leh

Setelah sarapan dan  isi bensin, kita mempersiapkan diri dan berangkat menuju Leh. Kali ini kita akan melintas jalan kedua tertinggi didunia dengan ketinggian 5,328 M atau 17,480 feet. Jam 08.00 kita harus sudah bergerak meninggalkan tsokar dan jalanan kali ini sangat mulus.

Siang hari kita sudah tiba di Leh.  Kita akan menemukan kehdupan setelah 3 hari kami tidak mendapatkan signal dan tidak ada wifi.  Kita akan beristirahat disini dan setelah itu acara bebas.

Hari Keenam Leh - Khardung La

Khardung La hanya 40 Km namun perjalanan extreme dari ketinggian 4000 langsung ke 5600 M dalam waktu hanya 1 ja,  Perlu persiapan oksigen dan obat obatan untuk menangani ketinggian.  Kita akan start jam 08.00 pagi setelah sarapan dan setelah isi bensin dulu langsung kita menuju ke Khardung La. Melewati pos penjagaan di ketinggian 4000 kami langsung menanjak keatas, Jalan ke Khardung La sangat mudah dan tidak ada tantangannya sama sekali, bahkan jalanan mulus ke Khardung La  akan membuat kita cepat sampai.  Kita akan diberikan kesempatan berfoto bersama selama 30 menit di Khardung La karena tipisnya udara.

Jam 15.00 kita akan sampai di Hotel Asia dimana kita akan menginap, sore itu acara bebas dan malam hari kita akan mengadakan acara penyerahan penghargaan kepada seluruh peserta.

Hari Ketujuh  Leh - New Delhi

Pagi hari kita akan kembali ke New Dehli dengan menggunakan pesawat terbang Go Air.  Disini anda diharapkan tidak complain karena kendaraan pengangkut dari hotel ke airport sangat kecil.

Penerbangan sendiri hanya memakan waktu 2 jam saja. Setibanya di New Delhi maka kita akan istirahat dan ini kesempatan anda untuk berbelanja mencari oleh oleh.

Hari Kedelapan New Dehli - Agra Taj Mahal

Agra letaknya cukup jauh dan cukup menghabiskan waktu. Untuk mencapai Taj Mahal yang terletak di Agra memerlukan waktu tempuh 10 jam PP. Kita harus berangkat jam 05.00 pagi untuk menghindari kemacetan di kota dan kita akan berhenti di Taj Mahal selama 2 jam. Jam 18.00 diharapkan kita sudah ada di airport dalam persiapan kita pulang ke Indonesia.

Hari Kesembilan   New Dehi - Jakarta

Anda tiba di Jakarta siang hari setelah sebelumnya anda akan transit di Swarnabumi  - Thailand

• 5600 M KHARDUNGLA

INFO TERKAIT...

EROPA TIMUR; Perjalanan yang dimulai dari MIlan Italia ini akan memakan waktu selama 14 hari. Perjalanan yang berkesan bagi anda ini akan mengarah ke Roma pada hari pertama, kota Bari pada hari kedua dan menyeberang ke Tirana di Albania, Montenegro, Durmitor National Park, Kotor, lanjut ke Zadar yang terletak di Kroasia,  Bosnia, SLovenia, Austria dan terakhir kita melewati Stelvio Pass sebelum kembali mengakhirinya di Milan. Perjalanan menyusuri negara ex komunis ini akan memberikan Nuansa yang berbeda.