RIDE TO THE LIMITS HIMALAYA ADVENTURE


image_pdfimage_print

Perjalanan ini akan memakan waktu selama 11 hari termasuk hari perjalalanan, dan ini penjelasan singkat tetang tour ini :

APAKAH NEPAL AMAN UNTUK PERJALANAN?

Jawaban singkatnya adalah ya  Pasti ! Nepal adalah ramah, menyenangkan, indah, walau lalulintasnya kadang-kadang kacau, namun negara ini aman untuk dikunjungi. Nepal terdiri dari orang-orang gunung yang raham dan menjalani hidup mereka dengan menganut agama Hindu (80%) atau Budha (10%) agama. Nepal sangat menyambut untuk wisatawan karena mereka memang hidupnya dari pendatang yang ingin mendaki gunung Himalaya.  Mereka sangat memahami betapa pentingnya pariwisata adalah untuk mata pencaharian mereka. Nepal memiliki salah satu tingkat pengembalian tertinggi bagi wisatawan di mana saja di dunia dan Anda tidak diragukan lagi akan memiliki pengalaman luar biasa di Nepal!

APA YANG TERMASUK

Pertanyaan bagus!  perjalanan ini sudah termasuk motor Royal Enfield , bensin, akomodasi secara twin-share, makanan (sarapan, makan siang, makan malam), izin TIMS dan ACAP (Annapurna Conservation Area Permit), panduan (berbahasa Inggris), mekanik (berbahasa Inggris ), kendaraan pendukung dengan sopir, perlengkapan turing  (helm, jaket, sarung tangan - jika diperlukan), t-shirt, kartu SIM lokal (silakan meminta ini sebelum tiba), dan kit medis.

APA TIDAK TERMASUK

Apa yang tidak termasuk adalah penerbangan internasional Anda, visa masuk, asuransi perjalanan (wajib), transportasi ke Pokhara, tips, laundry, alkohol, minuman / makanan ringan di luar waktu makan, dan pengeluaran pribadi.

Hal yang perlu dipersiapkan adalah gejala accute mountain sicknes akibat hypoxia akibat perbedaan tekanan di ketinggian. “Persiapan fisik jelas menjadi fokus utama.

Perjalanan ini  akan menjanjikan kisah yang seru. Apalagi selain ketinggian dan hawa dingin, juga kondisi jalan yang tidak gampang. Dari mulai aspal, gravel, off-road sampai medan salju.  Semuanya akan menjadi menu dalam 9 hari road to Himalaya (7 hari riding).

Motor yang dipergunakan adalah Royal Enfield  499cc, satu silinder dan 350 CC.

Hari Pertama:  Jakarta, Indonesia  – Kathmandu, Nepal

Hari Kedua  : Kathmandu

Tiba di Kathmandu Nginep sehari

Hari Ketiga : Kathmandu - Phokara

Kita akan menuju Pokhara yang berjarak sekitar 250 km dari Kathmandu. Bertemu di Pokhara di clubhouse  HandT  dan malamnya pengarahan perjalanan. Kita melakukan pengenalan sepeda motor sekaligus mengemas barang esoknya.

Hari Keempat: Pokhara ke Baglung

Kita akan melalui Sarangkot. Ini hari pertama perjalanan motor dan masih menikmat perjalanan melalui jalanan aspal.  Kita akan mengunjungi wisata paralayang, melihat jembatan gantung terpanjang (Kusma Gyadi) di Nepal serta wisata budata di kuil Hindu Baglung.

Hari Kelima :  Baglung ke Kalopani

Hari ini kita akan mulai pendakian vertikal ke Himalaya. Naik dari 300 m hingga hampir 3.000m dan melihat perubahan lanskap vegetasi. Mulai masuk di jalan pegunungan dan menikmati budaya desa sekitarnya. Jalanan berubah menjadi debu dan berbatu

Hari Keenam: Kalopani ke Kagbeni melalui Jomson

Kami terus naik ke utara, berhenti di ibukota wilayah itu (Jomson) untuk mendapatkan izin mendaki. Jomson telah memainkan peran penting dalam pembangunan daerah karena berfungsi sebagai titik awal untuk treks ke kedua Annapurna dan Dolpo.  Pada sore hari angin berasa lebih dingin. Pemandangan indah di kagbeni akan kita nikmati pada pukul 2-3 pm. Kagbeni adalah desa Tibet yang luar biasa yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke Mustang. Kambing gunung digiring melalui jalan-jalan batu kecil yang penuh dengan peninggalan berusia 300 tahun dan kuil-kuil. Ini adalah pemandangan yang indah dan sayang untuk dilewatkan.

Hari Ketujuh: Kagbeni ke Mukintath (4000m) kemudian turun ke Marpha

Hari ketujuh ini kita akan mencapai titik tertinggi – Muktinath ! Mendaki terus dari mulai Kagbeni dan mengambil rute jalanan gravel yang tidak dilalui umum melalui Jong - di mana biara Buddha kuno masih beroperasi. Seperti yang kita lebih dekat ke tujuan, udara lebih menipis, dan Anda (dan motor anda !) Akan mulai merasa ketinggian ! Setelah di Muktinath-palyak, mengagumi pemandangan serta menikmai yak steak dan setelah itu mengunjungi salah satu kuil Hindu yang paling suci Nepal. Kami tidak menghabiskan malam di Muktinath untuk menghindari penyakit ketinggian, kami kembali melalui jalur ke selatan yakni kota Jarkot dan berhenti di desa indah Marpha untuk bermalam – dan tempat ini terkenal sebagai tempat yang romantis dan terkenal dengan apple brandy.

Hari Kedelapan : Marpha ke Tatopani (mata air panas)

Kunjungi biara lokal di pagi hari dan kemudian kami mulai turun kita kembali ke iklim yang lebih hangat di bawah ini. Ini adalah malam terakhir dari tur sehingga untuk merayakan kami berhenti di Tatopani - rumah air panas yang terkenal Nepal.

Hari Kesembilan  : Tatopani ke Pokhara

Hari ini kita mulai mendapatkan dan melalui jalanan beraspal lagi dan perjalanan kembali ke peradaban.

Hari Kesepuluh  – Kembali Ke Kathmandu

Hari Kesebelas sight seing Kathmandu dan kembali ke Jakarta pada tanggal 19 Maret 2016

INFO TERKAIT...
asian cross country rally 2019 Rally Asia Cross Country yang umumnya dikenal sebagai “AXCR atau
  tentang asian cross country rally ordtraining.com mendukung penuh keikut sertaan Indonesia dalam AXCR suzuki

LEMBONGAN ISLAND FULL DAY TOUR PACKAGE ITINERARY:

Our team will Pickup you from the hotel between 7:00 - 7:30 am (please see below schedule). Drive wih our convenient shuttle to Sanur. Out Shelter is located adjacent to Bali Beach hotel)  around 30 minutes drive and get light breakfast (sandwich + mineral water). According to the schedule we will across to Lembongan island by our fastboat for about 30  minutes.  our team will pick you up and bring you to the snorkeling points.

Our restaurant is located 15 minutes from shelter point and at the back yard is located a Mangrove point. We start the Mangrove tour from here. After that, we will serve you lunch at the restaurant (set menu lunch). Continuing the trip you will be headed to Panorama Point, Sunset Point, Devil Tears, Dream beach. Next, we will serve you Banana split ice cream at The Restaurant and enjoy the beautiful panorama of Samudra Indonesia ocean and Lembongan beach. After the trip ends at Lembongan island we will drive you back to Jungutbatu harbor. Cross back to Sanur harbor approximately 35 minutes. Then, send you back to your hotel in Bali.

Pick Up Time
From
Morning
Nusa Dua 06.30
Tanah Lot 06.30
Kuta , Legian, Seminyak 07.00
Sanur 07.30
Ubud 06.30

WHY SHOULD YOU CHOOSE THIS LEMBONGAN TRIP?

  • We treat you with the best Lembongan highlight and best food.
  • The only trip that offers spots of snorkeling and Mangrove tour.
  • You can arrange your time efficiently and wisely during your holiday.

Overview : Segitiga Emas Loop; Chiang Mai, Chiang Rai, Border Crossing Chaing Kong  Huay Xai  (Thailand - Laos), Luang Namtha, Luang Prabang, Nan dan Kembali lagi ke Chiang Mai.

Bagi anda yang lebih memilih untuk berpetualang maka rute ini akan membawa anda melewati beberapa daerah pedesaan yang menakjubkan, melalui danau dan jalan pegunungan yang mengikuti perbatasan Myanmar dan masuk kewilayah Laos. Digambarkan perjalanan ini sebagai 'Scenic Riding Heaven'

Loop ini juga cukup menantang dengan perjalanan yang indah, melalui taman nasional, air terjun, sumber air panas, taman, sungai Mekong yang perkasa, danau, pegunungan, kuil, Desa Tiga Suku (Eghor, Karin Longnecks dan Musoe), jaringan gua terbesar di  Thailand, Segitiga Emas yang terkenal (tempat Thailand, Myanmar dan Laos bertemu) termasuk kunjungan singkat ke negara-negara ini, dan banyak lagi (wahana gajah, perjalanan perahu, dll.).

Kita akan menginap di IMM Hotel Chiang Mai

Hari 1Jarak Tempuh  : 197 KM

INTERESTING SPOT

  • KUIL PUTIH Wat Rong Khun
  • Clock Tower Chiang Rai
  • Wat Nang Lae

HOTEL : Hi Chiangrai Hotel

902/3 Phahonyothin Road, T. Wiang, A. Mueang, Chiang Rai Night Bazaar, Wiang, Mueang Chiang Rai District, Thailand, 57000

Hari ke-2;        393 km ; ini perjalanan yang paling jauh kita harus berangkat pagi dini hari agar tidak terlalu malam tiba di Luang Namtha. Kita juga akan melewati batas negara laos di Chiang Khong-Huay Xai Friendship Bridge, AH3, Kita bermalam disini di Thoulasith Guesthouse Phonxai Village, Louang Namtha, Laos

Hari ke 3.   228  km kita akan ke Nong Khiau

Hari ke 4, 141 km Nong Khiau Luang Prabang

Hari ini kita akan santai sedikit menikmati kota yang indah di Laos. Luang Prabang adalah kota terbesar kedua di Laos.

HOTEL :  Zen Namkhan Boutique Resort

Hari ini kita akan mengunjungi Royal Palace di luang Prabang

Kemudian  menuju ke Mount Phou Shi

Hari ke 5 :  Luang Prabang - Nan

Kita akan kembali menuju Thailand dan akan melewati Laos Border di Huai Kon Negun Imigration Office. Pastikan passport anda disiapkan disini.

Perjalanan ini akan berkelok kelok dan anda akan menempuh jarak yang lumayan jauh.

JARAK TEMPUH : 359 KM

HOTEL : Huen Kuang Nan Hotel

14 Mahawong Road, Tumbol Naiwiang, Nan City Center, Nai Wiang, Mueang Nan District, Nan, Thailand, 55000

Hari Ke 6               Nan - CHiang Mai

Ini adalah hari terakhir kita riding, setelah kita mengembalikan motor maka kita akan mengadakan perpisahan disini.  Mengucapan terima kasih kepada peserta yang ikut dan tentunya esok kembail ke Indonesia dengan membawa kenangan yang inda selama di Thailand dan Loas

  1. Perjalanan ini akan di atur oleh Wijaya Kusuma dan Dhani Khadarusman. Setiap peserta touring akan di bagi dalam dua kelompok dan yang didepan bertindak sebagai road captain dan belakang sebagai sweeper akan dihubungkan dengan alat komunikasi.

Sebelum di mulai perjalanan di mulai dengan safety briefing dimana Wijaya Kusuma akan menjelaskan mengenai rencana perjalanan pada hari itu.

Setiap hari perjalanan akan dimulai pukul 09.00 pagi  (Onbike Start)  hingga pukul 16.00 sore. Setiap peserta diharapkan disiplin dengan waktu yang telah ditentukan. Setiap keterlambatan tiba akan mengakibatkan terlambat untuk istirahat dan berdampak pada molornya waktu perjalanan.

Negara Thailand dan Laos menganut arus lalu lintas stir kanan seperti Indonesia sehingga tidak sulit untuk beradaptasi.

  1. Sebelum kita tiba di hotel tempat tujuan maka Refuelling harus dilakukan sehingga seiap pagi kita sudah siap untuk berkendara.
  2. Mata Uang

Mata uang Thailand adalah Bath dan 1 bath sekitar 450 rupiah sedang kan laos adalah KIP dengan nilai tukar 1.63 rupiah, Penukaran uang sangat mudah bisa dituker di ATM atau anda menukarnya di money changer. Kalau mau gampang sebaiknya membawa uang USD.

  1. Telekomunikasi

 Untuk kebanyakan orang, solusi paling mudah untuk membeli SIM card di Thailand adalah dengan membeli tourist SIM. Tourist SIM dari AIS sangat mudah digunakan dengan isi data 500mb dan bisa digunakan selama 7 hari. Jika butuh data lebih banyak, kamu bisa lihat plan lainnya di sini.

Jika kamu mengunjungi Thailand lebih dari 7 hari, kamu harus membeli SIM card biasa dan kemudian isi ulang dengan salah satu plan yang mereka tawarkan. Ada banyak plan yang bisa kamu pilih, tapi menurut kami plan dari AIS cukup bagus. Plan tersebut berisi berbagai pilihan data allowance dan limit waktu. Plan yang bagus adalah yang menawarkan 1GB untuk 30 days dengan harga 299B. Info selengkapnya bisa dilihat di sini. (jika link rusak, google saja dengan kunci “AIS netsim always package”)

Di mana beli SIM Card di Thailand

Tempat yang paling mudah untuk membeli simcard di Thailand adalah di bandara. Tapi waktu itu kami kena charge 100B lebih mahal saat beli simcard di sana. Pilihan yang lebih baik adalah tunggu sampai kamu tiba di kota, jalan ke toko HP terdekat dan tanyakan apakah mereka jual tourist SIM. Toko HP seperti ada banyak di mana-mana. Selain itu yang paling gampang, 7-11 juga biasanya jual tourist SIM

5. Kondisi Jalan

Sebagian besar jalan aspal dan relative tingkat derajat kesulitan mudah

6. Duta besar Indonesia di Thailand

Just in case emergency Kedubes Indonesia untuk Thailand  adalah

Alamat: 600-602 Petchaburi Road Khwaeng Thanon Phetchaburi, Khet Ratchathewi, Krung Thep Maha Nakhon 10400, Thailand

       Telepon: +66 2 252 3135

7. Pesan terakhir.

Berangkat Semangat Pulang Selamat. Tidak boleh ada kecelakaan sekecil apapun oleh karena itu pastikan anda bugar dan sehat selalu. Setiap permasalahan akan mengakibatkan mengulurnya waktu dan berdampak pada jadwal yang telah ditentukan.

Pastikan anda selamat,

Selain yang sudah saya sebutkan diatas tentunya ada yang lebih penting adalah jangan lupa berdo’a sebelum touring ,minta do’a restu orang tua agar lebih barokah agar perjalanan anda benar benar nyaman ,aman selamat sampai tujuan.

Setelah touring tentunya kita bisa berkumpul bersama keluarga seperti awal mula, sehat wal afiat semua, berbahagia, dan semakin tambah sukses untuk ke depannya dengan selalu memperbaiki diri setiap waktunya ,kalau sukses kan bisa melakukan touring lagi ,sukses jasmani, rohani dan financial.

Sekilas tentang komunikasi bahasa Thailand

English Thai English Thai
I Phom (men)
Deechan (women)
No
No?  -  Isn't it?
Mai chai
Mai  -  Chai mai
You Khun (for peers)
Thaan (for elders)
Good Dee
Thank you Khawp Khun (khrap/kha) Like Chawp
Hello Sawatdee (khrap/kha) Hello Paul Sawatdee (khrap/kha) Khun Paul
Understand Khao jai I understand Khao jai (khrap/kha)
Don't understand Mai khao jai I don't understand Mai khao jai (khrap/kha)
Excuse me
Sorry
Kor tot I'm sorry
Excuse me please
Kor tot (khrap/kha)
Today Wan nee John is going today Khun John pai wan nee
Tomorrow Prung nee Go tomorrow Pai prung nee (khrap/kha)
Yesterday Meua waan Good Dee
How much Tao rai How much is this Nee tao rai (khrap/kha)
Where Tee nai Where is the bathroom Hong naam tee nai (khrap/kha)
When Meu arai Go to Pattaya when Pai Pattaya meuarai (khrap/kha)
This Nee Bathroom Hong naam
Go Pai I'm not going Mai pai (khrap/kha)

https://youtu.be/_TysrmEx6aY

BALI-LARANTUKA:  Perjalanan ini menawarkan pemandangan exotic sepanjang rute yang anda lalu. Anda akan melewati 3 latar belakang adat yang berbeda. Yakni Adat Bali dengan latar belakng Hindu, Lombok dan Sumbawa yang berlatar belakang Islam dan Flores yang berlatar belakang Kristen dan Katolik. Namun mereka hidup berdampingan dengan rukun. Perjalanan ini dilaksanakan selama 10 hari pulang pergi dengan route dan jalur yang berbeda.

CURUG MALELA :  Lokasi ini terletak hanya 150 KM dari Jakarta tetapi memang jalan untuk mencapaiya perlu perjualangan karena macet