image_pdfimage_print

kroasia negeri yang indah

IRE Inabiketour, 4 Sep 2018:  Ini adalah hari ke 4 perjalanan kami,  setelah tiga hari kami habis kan di Italy, sekarang kami berada di belahan Eropa Timur. Ya Eropa Timur Kroasia.  Sekilas tentang kroasia :

Republik Kroasia (Republika Hrvatska) atau juga disebut Kroasia adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa berbatasan dengan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Dalam sejarahnya, negara ini merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 1991 dan merupakan kandidat dari anggota Uni Eropa.

Negara ini mempunyai mata uang sendiri yakni Kuna , so anda disini harus menukarkan uang anda dengan menggunakan Kuna. 

Setelah mendarat di Split / Spalato kalau orang Italy bilang, kita mampir sejenak di pelabuhannya.

Sekilas tentang pelabuhan Spalato : Pelabuhan ini awalnya adalah pos perdagangan yang awalnya didirikan oleh pemukim Yunani dari pulau Vis dan kemudian diambil alih oleh Romawi. Pelabuhan ini berkembang selama Abad Pertengahan , tetapi mengalami penurunan pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 ketika Pelabuhan Rijeka mengambil alih sebagai perdagangan utama dan outlet pengiriman wilayah tersebut. Penurunan ini juga dikaitkan dengan penurunan Kekaisaran Ottoman, pasar tradisional untuk Pelabuhan Split, dan dominasi Kekaisaran Austria yang semakin besar .

Pada 2017, pelabuhan ini menempati peringkat sebagai pelabuhan penumpang terbesar di Kroasia, pelabuhan penumpang terbesar di Laut Adriatik , [dan pelabuhan terbesar ke-11 di Mediterania,  dengan volume penumpang tahunan sekitar 4,5 juta. Pada 2010, Port of Split mencatat 18.000 kedatangan kapal setiap tahun. Port ini dikelola oleh Port of Split Authority (PSA). 

Sejarah yang menarik tentang port ini membuat kami menghentikan langkah sejenak berputar kota spalato.

Kita juga sempat sarapan pagi disini sebelum lanjut ke arah Dubrovnic