Ostrog, Tara Bridge dan Durmitor on the way to Mostar (6)


image_pdfimage_print

bosnia montenegro

Bosnia, 05 September 2018. IRE Hari ini kita akan melewati pergunungan balkans, di antara montenegro dan bosnia herzegovina, lewat taman nasional Durmitor, Montenegro di ketinggian 1800m, terus lewat perbatasan ke Bosnia dan menuju Mostar. Rombongan walaupun tiba di Podgorica Montenegro pada pagi hari tetapi jam 09.00 sudah siap nge gas lagi. Tentunya setelah sarapan jam 07.00 pagi, team mempersiapkan motor. Tidak ada yang dikunjungi di kota Podgorica, oleh karena itu teman teman pengen langsung ke Durmitor National Park. Jarak tempuh hari ini adalah 391 km apabila kita memutar kearah Durmitor.

Saya, Deddy, Lioe Tat Sen serta Mikhael memutuskan jalur lain langsung ke Mostar melalui Ostrig, , sehingga kelompok terbagi dua.  Saya memilih mendaki gunung di danilograv belgrad jalan menuju meteor blizu ostroga yang terkenal dari pada ke Durmitor national park.

Meteor blizu ostroga terletak di perbatasan Niksic dan Danilograv, Biara Ostrog adalah biara Ortodoks Serbia yang terletak di dalam sebuah batu besar yang disebut “Ostroška Greda” di Montenegro. Biara Ostrog terletak sekitar 50 km dari kota Podgorica dan 15 km dari kota Nikšić. Biara ini dipersembahkan untuk Santo Basil dari Ostrog yang dimakamkan di tempat.

Ketika pembangunan Biara untuk kediaman Saint Basil dimulai, pembangunan berfokus pada gua di atas desa Zagorak. Ketika itu, setelah seharian mengamati pekerjaan di lokasi ini, Santo Basil memberi perintah untuk memperpanjang Biara ke tebing-tebing Ostrog. Konon ceritanya, ketika dia kembali ke daerah itu keesokan harinya, Dia mengikuti perintah Dewa untuk untuk membangun gereja Vavedenja di gua pertama, gudang dan kamar tidur untuk tamu di gua kedua dan sebuah kapel di gua ketiga di mana sebagian besar artefak keagamaan di mana disimpan. . Hanya di bawah biara sebuah gereja kecil sudah berada, jadi dia menambahkan sebuah rumah kecil untuk dibangun di sana untuk mengolah gandum dan kehidupan para biarawan muda 

Ada dua bagian ke biara: biara bagian atas dan bawah. Kami mendaki naik motor mengikuti jalan yang indah melalui hutan selama sekitar 45 menit ke biara bagian atas. Kendaraan mobil sebaiknya ditinggal dibawah dan kita naik tangga keatas. Karena naik mobil sangat beresiko, dengan jurang yang curam dan dalam.

Setelah kita puas berkeliling memutari Ostrog, kami turun menuju Biara yang dibawah. Didekat situ juga terdapat banyak restoran dan penjual cenderamata. Kami menyempatkan makan siang disini dan ternyata hidangannya lumayan enak dan murah. Kami mencoba makan steak sapi, omlette dan lain sebagainya, Kami membawa sambel sendiri sebagai bumbunya. Pemilik restoran sempat bertanya, sambelnya apakah pedas?. Ya tentu pasti akan lebih pedas dibandingkan di Bosnia. Akhirnya dia minta 3 sachet sambel khas Indonesia untuk diberikan ke orang tuanya. Mereka juga tak lupa meminta berfoto sebagai bukti ada tamu jauh yang telah mampir di restorannya.

Misah

Sementara Andrea dan Istri, Dr Tedjo dan Istri, Bagoes Sadono dan Istri, Johadi Hastarika, Denny Ariyasa dan Widiantoro menuju Durmitor Park. Kalau kita lewat situ maka jalan agak memutar, Namun tetap akan bertemu di Border yang sama di Niksic.

Durmitor park adalah taman nasional Montenegro yang terletak di barat laut Montenegro. Tempat tersebut adalah bagian dari Alpen Dinarik. Puncak tertingginya, bernama Bobotov Kuk, memiliki ketinggian 2,523 meter. Dalam perjalanan ke Niksic mereka melewati jembatan tua Tara yang sangat panjang, Durmitor Park sekarang juga menjadi bagian dari warisan dunia dan menjadi World Heritage Unesco.

Setelah foto foto di Tara Bridge ditengah hujan rintik, mereka langsung ke Niksic border Montenegro dan Bosnia. Kita ketemu lagi disitu. Saya hanya bertiga berjalan konstan menuju Mostar. Jalan yang luar biasa mulus dan pemandangan Indah disajikan selama perjalanan. Kami setelah lewat border sempat memasuki jalan tol sebentar di trebinje sebelum akhirnya kami keluar melalui jalan biasa.

Beruntung nggak ikutan ke Durmitor karena hujan melanda pejalanan mereka.

 

Mostar adalah sebuah kota di Bosnia dan Herzegovina selatan, yang terletak di Sungai Neretva. Kota ini dikenal dengan ikon Stari Most (Jembatan Tua), jembatan yang dibangun kembali dari abad pertengahan. Gang-gang di dekatnya penuh dengan toko-toko dan kios-kios pasar, dan Museum Jembatan Tua yang mengeksplorasi sejarah panjang jembatan itu. Sebuah tangga sempit mengarah ke menara Masjid Koski Mehmed-Pasha dengan pemandangan panorama kota.

Ostrog terlihat di kejauhan
SUPPORTED BY KALIBRE