image_pdfimage_print

IRE Croatia, 6 Sept 2018, Kami tiba malam hari di Mostar, kami menginap di city hotel yang terletak di pusat kota. Setelah tiba Motor di parkir di basement  kami lanjut makan di resto yang terletak di depan hotel. Ternyata disekeliling hotel berisikan pub high class di Mostar. Tentang Mostar itu sendiri, kurang banyak tujuan wisata disini,  kota ini berada di lembah, dan salah satu yang terkenal adalah Permata Mostar, atau Jembatan Stari Most yang dibuat pada abad ke-16, jembatan ini bergaya Ottoman yang membentang di Sungai Neretva dan  menghubungkan kedua sisi kota. Jembatan ini telah menjadi simbol kota selama lebih dari 400 tahun dan sempat hancur selama Perang Bosnia dan dibangun kembali pada tahun 2004.  Jembatan khusus ini dirancang oleh Mimar Hayruddin, seorang siswa dan murid arsitek terkenal, Mimar Sinan, dan dibuka pada tahun 1556. Kota ini mengambil namanya dari penjaga jembatan, Mostari, yang menjaganya.Jalan-jalan di sekitar jembatan menjadi hidup dengan berlimpahnya restoran, kafe dan toko-toko, semua diatur dalam gado-gado pra-Ottoman, timur Ottoman, Mediterania dan arsitektur Eropa Barat.

Menyelam dan melompat dari di atas jembatan adalah tradisi lama.  Ada kegiatan penyelaman tahunan yang diadakan di sini setiap tahun di bulan Juli dan jembatan menjadi kegiatan terakhir dari Red Bull Cliff Diving World Series. Pada waktu tertentu di musim panas ada sekelompok pria muda menyelam dan berpose untuk foto. Anda dapat mencobanya sendiri, jika Anda merasa berani, anda cukup mengeluarkan € 20 - € 25 untuk 'pelatihan singkat ' dari pemuda setempat.

Setelah ke Stari Most, kembali team terpecah, entah Andrea lewat mana. Saya keliling 2 putaran nggak ketemu juga. Wah daripada buang waktu saya memutuskan jalan keluar kota. Kali ini kita tujuannya ke Plitvice di Kroasia. ada 3 jalan menuju Pitvice Jesera 1 lewat tol sampai zadar dan naik keatas, kemudian 2, lewat livno tomislavgrad dan terakhir 3 lewat bugojno dan jajce.  Jalan pertama lebih jauh tetapi lewat tol, Jalan kedua lebih dekat tapi jalan biasa, Jarak total adalah 332 KM, Saya memutuskan lewat jalur ke 2. Ternyata pilihan saya tidak salah, selain pemandangan yang sangat indah juga tidak ada jalan tol. Saya akhirnya berempat dengan Heri Cahyono, Dedy Widjaya dan Lioe Tat Sen.  Dedy sudah mengalami peningkatan riding yang lumayan. Di jalur ini yang bersangkutan rata rata 140 KPJ. Top dah...

Jalanan mulus membuat kami terlena dan senang sekali dengan jalan yang lebar dan sepi.  Sore hari kami sudah sampai di Plitvice Jesera yang terletak di Kroasia.  Sore itu pula kami ke Danau Plitvice ternyata jam 5 sore mereka sudah tutup dan kami diminta kembali esoknya.