image_pdfimage_print
WInnetou yang terletak di pinggir hutan
Ada truk guling membuat kita harus mutar

IRE. 07 Sept 2018 

Hari ini adalah perjalanan riding hari ke 8. Pagi hari kita menikmati udara yang sejuk dari desa Plitvice. Danau Plitvice merupakan sebuah taman nasional di Kroasia,
yang terletak di 44,85°LU 15,62°BT. Sungai Korana telah membentuk 20 danau hambatan batu kapur dan kapur. Di antara danau-danau tersebut membentuk air terjun dan "cascade" yang luar biasa. Dan juga salah satu hutan tua di Eropa. 

Hari ini kami mengarahkan motor kami ke Slovenia, dimana slovenia adalah negara full schengen member sehingga tidak ada lagi ngecap passpor seperti saat ke kroasia atau Bosnia. Jarak tempuh kami hari ini adalah 343 km kearah utara. Kami berangkat pagi karena kami berencana mampir dulu ke  Zeljava yang terletak di Bihac. 

Željava Air Base, yang terletak di perbatasan antara Kroasia dan Bosnia dan Herzegovina di bawah Gunung Plješevica, dekat kota Bihać, Bosnia, adalah bandara udara bawah tanah dan pangkalan udara militer terbesar di bekas Yugoslavia, dan salah satu yang terbesar di Eropa.

Baru jalan kira kira 10 km tiba tiba jalan di blok oleh policija (polisi), ternyata ada truk panjang terguling sehingga menutupi jalan. Kami sempat diskusi sama polisi, berapa lama kira kira derek mobil yang terguling ? jawabannya tidak bisa di prediksi.

Kita mencoba menunggu sebentar, bener saja crane yang mencoba mendirikan truck ternyata tali slinknya putus. Wah bakalan lama, akhirnya kami memutuskan memutar mencari jalan alternatif.

Sekitar 25 menit kemudian kami sampai di Zeljava..sebuah bandara yang sangat berperan dalam perang etnis yang terjadi tahun 1999-2001, dimana Yugoslavia memecah belah sesuai dengan etnis yang bertikai saat itu. Pangkalan udara bawah tanah ini termahal pada jamannya dan dibangun dengan biaya 6 Milyar dollar dan dihancurkan dengan sengaja hanya agar tidak digunakan oleh musuh. Zeljava memiliki terowongan yang cukup besar untuk rumah skuadron pesawat bersama dengan personil dan persediaan selama lebih dari sebulan. 

 Anda jangan coba coba mengexplore, daerah yang tidak boleh dijamah, dijamin anda akan menjadi dendeng. Oleh karena itu tanda explosive dipasang di setiap semak semak dan daerah yang tidak terjamah agar tidak ada manusia usil yang menjadi dendeng.

 

Saya mencoba menerbangkan drone saat didekat bungker pesawat. Tiba tiba datang polisi entah dari mana berpatroli. Cepat cepat saya umpetin lagi dronenya dari pada nanti jadi masalah.

 

Melihat luasnya, terbayang bagaimana terjadi perang saudara terjadi saat itu. Tentunya sangat massive....Yugoslavia negara besar itu hancur karena perang saudara. Beruntung peninggalannya tidak ikut hancur. Pemandangan indah peninggalan kerajaan Ottoman masih terlihat disini. 

Setelah perang saudara Yugoslavia, maka sekarang negara tersebut terpecah.  Sisa sisa peninggalan perang masih terlihat walaupun pembangunan disana tumbuh sangat pesat dan maju.

 

Satu lagi...Ibu Negara Kroasia sangat demen bola banget...

 

 

Bersambung....

https://www.youtube.com/watch?v=9uOETcuFjbE

Peringatan Ranjau
Zeljava 2001
Mantan Pilot DC 3 Dakota



Setan penunggu pesawat
Kalibre The best Outdoor Gear
Pelaku Perang Yugoslav

https://www.youtube.com/watch?v=9uOETcuFjbE

INFO TERKAIT...