image_pdfimage_print

IRE. 07 Sept 2018

Masih hari ke 8 , kami melanjutkan perjalanan ke Trieste, setelah kami mengunjungi ke Zejava. Janjiannya yakni mereka ke Plitvice dan saya ke Zeljava. Hari ini mas Widi Antoro (60 tahun) peserta senior kami menjadi penunjuk jalan ke Zeljava dan  ikut serta dengan rombongan kami. Setelah ke Zeljava kami kembali ke hotel, tetapi andrea dan rombongan sudah entah kemana. Padahal jalur bisa di lihat di Life 360, software yang bisa melacak keberadaan seseorang dan melihat track historynya.

Anyway, kita putuskan jalan sendiri, kita menuju arah Rijeka dan ke Postojna yang terletak di Slovakia. Jalan hari ini sekitar 320 km.  Kami menyusuri pantai dalam perjalanan kami ke Postojna. Kota cantik ini terletak di Slovenia dan disini terdapat gua stalaktit. gua postojna adalah sistem gua karst sepanjang 20.570 dan menjadi tujuan wisata paling populer di Slovenia. Gua ini terbentuk oleh sungai pivka.

Saya memutuskan lewat jalan ke arah Rijeka, Selain pemandangannya indah, kita juga akan melewati pinggiran pantai dalam perjalanan kami ke Rijeka.

Kami menikmati pemandangan yang sangat indah sekali dan riding di Croatia ini menurut saya yang terindah dan terbaik dari semua yang pernah saya kunjungi. Tidak ada speed limit (tetapi kadang kadang ada polisi di corner), jalanan sangat mulus dan sepi. Berbeda banget dengan situasi jalan di Indonesia.  Tidak ada orang berjualan di jalanan. Tidak ada pasar tumpah...wah pokoknya nikmat.

Sore hari kami melewati border di Rupa Jelzane. Setelah itu kita melewati highway. Di slovenia kita wajib punya yang namanya Vignette yang bisa di beli di pompa bensin. Untuk bisa melalui jalan jalan di Slovenia harusnya kita membeli stiker vignette itu. Harga untuk 7 hari adalah 7.5 EUR.  Tapi dasar kita nggak ngerti kita bablas aja lewat highway.

Kita mendaki lagi gunung ke arah Alps dalam perjalanan kita ke Postojna. Sore hari kita sudah sampai di situ.

Teman teman yang sudah duluan beruntung bisa menikmati gua Postojna atau Postojnska atau Postumiano (kata orang Italy).  Saya sampai sana bingung arah postojna kemana, padahal sudah deket hotel tempat gate masuk ke gua.

Kita akhirnya memutuskan istirahat dan ngopi di pombensin dimana banyak rider disitu. postojna ini teretak di kaki gunung Sovic yang merupakan jajaran Alpen juga.

Setelah ngopi kita lanjut ke Trieste. Pelabuhan cantik di perbatasan utara Italia.

Vignette pass

Postojna Cave's 200 years of wow

"Here is a new world, here is a paradise," shouted Luka Čeč – a local guide - in April 1818 upon his accidental discovery of Slovenia's most iconic destination – the Postojna Cave. This April the 24 km long Postojna Cave is celebrating its 200th »birthday«. Will you be joining the party train? Celebrate one of Europe's greatest natural discoveries with us.